Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Salah seorang pahlawan yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia adalah Ki Hajar Dewantara. Ia lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889 dan diberi nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat karena ia berasal dari keluarga di lingkungan Keraton Yogyakarta.

Saat usianya genap 40 tahun ia berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Sejak saat itu, Ki Hajar Dewantara tak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas di depan namanya karena ia ingin bisa bebas dekat dengan kehidupan rakyat tanpa dibatasi oleh ningrat dan darah biru kehidupan keraton.

Ia kemudian menjadi wartawan di beberapa surat kabar, diantaranya Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Ia juga aktif melakukan propaganda pada organisasi Boedi Oetomo tahun 1908 untuk mensosialisasikan serta menggugah betapa pentingnya persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara kepada rakyat Indonesia.

Karya-karya Ki Hajar Dewantara yang menjadi landasan dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia diantara adalah kalimat-kalimat filosofis seperti, "Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani" yang artinya "Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan".

Lalu, pada 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan sebuah perguruan bercorak nasional yang bernama National Onderwijs Institut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Taman Siswa. Dari sinilah lahir konsep pendidikan nasional hingga Indonesia merdeka.

Atas jasanya dalam merintis pendidikan umum di Indonesia, Ki Hajar Dewantara dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959, hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yaitu tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

*dikutip dari berbagai sumber

 
     
Hadirilah seminar Parenting yang diadakan oleh SEKOLAH GLOBAL MANDIRI ..

Tema : TIGA KUNCI SUKSES KOMUNIKASI ORANG TUA YANG BANGUN KARAKTER UNGGUL ANAK 
Pembicara : Andi Iwaniswanto
Hari/Tanggal : Jum'at, 28-11-2014
Jam : 09.00-11.00
Tempat : Func. Hall, Lantai 2 Gedung 1 Sekolah Global Mandiri Legenda Wisata Cibubur

Seminar ini gratis !!!
Kami mengharapkan kehadiran Bapak/ Ibu. Semoga materi seminar ini bermanfaat bagi orangtua. Terima Kasih atas perhatiannya ..
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Taekwondo Ekskul

Green House Lab

Swimming Pool



  Belajar lebih menyenangkan di Sekolah Global Mandiri

Who's Online?

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday704
mod_vvisit_counterYesterday2340
mod_vvisit_counterThis week9566
mod_vvisit_counterThis month46192
mod_vvisit_counterAll672425

Copyright ©  Sekolah Global Mandiri 2012. All rights reserved.